Pages

Monday, January 11, 2016

Hal-hal penting dalam membangun Bisnis IT

Bisnis online bagi masyarakat modern sudah tidak menjadi hal yang asing lagi. bisnis online sudah berkembang sangat pesat sejak beberapa tahun terakhir ini. banyak lapisan masyarakat yang memanfaatkan koneksi internet menjadi lahan untuk menggelar dagangannya. Banyak yang menganggap bahwa bisnis online itu mudah untuk dijalankan. Namun, tak sedikit juga yang tergelincir, dan tidak mendapatkan hasil seperti yang ia nginkan, karena kurang paham betul tentang bisnis online.
Meski banyak yang beranggapan bahwa bisnis di internet terlihat santai, berpeluang menghasilkan lebih banyak uang dan tanpa membutuhkan waktu lama, namun ternyata pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak juga salah. Bisnis online akan berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal apabila dijalankan dengan total dan srus.
Untuk memulai bisnis online memang diperlukan waktu, mental baja dan kesabaran ekstra. Lalu, hal penting apa saja yang perlu diperhatikan dalam bisnis online? Berikut ini beberapa hal penting yang harus anda perhatikan sebelum membangun bisnis online:
Bisnis online butuh Modal
Hampir semua bisnis membutuhkan modal, entah itu sedikit maupun modal besar. Modal dalam bisnis online selain modal dalam bentuk uang juga modal dalam bentuk tenaga yakni diri anda sendiri. Anda tentu membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan bisnis, anda perlu pulsa untuk mengisi kuota, PC atau laptop untuk pendataan dan perlu modal ketika harus membeli produk yang akan anda jual lagi. Kemudian modal berikutnya adalah diri anda, setelah tahu bahwa anda harus mengeluarkan modal untuk keperluan teknis, maka anda harus memikirkan konsep, inovasi yang akan anda berikan, dan semangat kerja keras yang sudah anda tanamkan pada diri anda.

Tanamkan kesabaran

Kerja keras, menghabiskan cukup waktu untuk penataan website, media social dan layout yang dibutuhkan untuk menjual produk anda sangatlah perlu. Banyak pebisnis online yang kalah karena konten yang diberikan kurang bagus sehingga konsumen sulit percaya dengan bisnis yang anda suguhkan. Ini diperlukan kesabaran, jika memang Anda tidak bisa mendesain web anda sendiri. Anda bisa menggunakan jasa desain untuk mengembangkan bisnis Anda dari sisi tampilan dan isi konten dari media yang anda gunakan.

Atur waktu dengan baik

Untitled
Anda harus pintar mengatur waktu dan fokus akan apa yang anda jalankan. Memang anda akan lebih banyak meninggalkan waktu bersama keluarga, teman, bahkan kekasih karena fokus dengan bisnis online yang sedang anda kembangkan. Tak perlu risau, untuk memulai bisnis, memang harus butuh support dari mereka, jika perlu kaitkan mereka dalam bisnis yang anda jalani tersebut.

Semua bisa membuka bisnis online

Perlu diketahui bahwa bisnis online sangat mudah dijalankan oleh siapapun, tanpa memerlukan ijasah maupun pendidikan yang tinggi. Jadi anda harus membuat web yang menarik dan menyuguhkan produk yang unik, beda dai pada yang lain. Paling tidak barang yang masih langka tapi banyak peminatnya.

Walau bisnis masih kecil, andalah bos nya

Tak usah malu ketika membangun bisnis, walau bisnis yang dijalankan saat ini masih terbilang kecil, setidaknya andalah bosnya. Bisnis memang dimulai dari kecil, dan bahkan memang belum terlihat apa-apa saat memulainya, tapi percayalah, karena semua yang besar adalah dimulai dari sesuatu yang kecil.
Itulah hal penting yang anda harus perhatikan sebelum membangun bisnis online. Ada baiknya jika anda pertimbangkan beberapa opini mengenai bisnis online ketika anda mempunyai niatan untuk memulai bisnis online. Semoga sukses.
Sebelum kita selesai, ada satu informasi yang amat berguna bagi kita. Barangkali informasi ini berhubungan dengan informasi sebelumnya barangkali juga tidak.

Jumlah transaksi Online hanya di Indonesia Saja selama 2012 adalah, sebesar 126 Triliun Rupiah. Meningkat 2 X lipat di bandingkan sebelumnya menurut Meteri Pariwisata dan ekonomi kreatif saat itu Ibu Mari Elka Pangestu dan Tentu saja tahun ini pasti sudah jauh lebih besar.

Siapakah yang beruntung karena hal itu? Tentu saja mereka yang telah memiliki Website lebih dulu dari anda. 

Daftar Pustaka
1. http://portalpengusaha.com/
2. http://bomsukses.com/bisnis-online/hal-penting-dalam-membangun-bisnis-online/

No comments:

Post a Comment