Pages

Monday, January 18, 2016

Mengenal Lebih Dekat Fitur Siri – Sebuah Teknologi Voice Assistant dari iOS 6

Saat mendengar kata Apple, maka yang terpikirkan di benak Anda tentunya adalah sebuah raksasa teknologi yang tidak akan pernah berhenti dalam membuat perkembangan produk – produk teknologi yang keren dan canggih. Apple memang selalu ingin memenangkan kompetisi teknologi yang terjadi diantara para perusahaan IT.
Oleh karena itu, Apple menjadi tidak pernah lelah dan berhenti dalam melakukan inovasi produk. Teknologi Siri menjadi salah satu inovasi dari Apple yang paling terkenal dan telah disertakan pada produk – produk buatan Apple.

Pengertian fitur Siri




Teknologi Siri yang telah dirilis sejak periode Oktober 2011 menjadi teknologi asisten pribadi yang pintar dengan basis perintah suara yang dapat membuat kegiatan para pengguna produk Apple menjadi lebih mudah. Dengan kemampuannya dalam melakukan panggilan telepon, membuat jadwal meeting, mengirim pesan, serta berbagai kemampuan yang lain, maka keberadaan Siri dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan para pengguna produk Apple yang mempunyai segudang aktivitas.
Siri didukung dengan teknologi yang canggih sehingga suara Anda dapat dikenali secara natural. Bahkan suatu informasi yang dibutuhkan juga dapat ditanyakan oleh Siri sebelum tugas yang Anda berikan selesai. Pada perkembangan perangkat mobile, Siri mungkin dapat menjadi salah satu fitur yang paling inovatif meski beberapa kekurangan masih ditemukan dalam proses penggunaannya.

Inovasi Siri di iOS 6

Siri pada iOS 6 menyediakan berbagai fitur baru yang tentunya lebih keren dan lebih pintar jika dibandingkan dengan fitur – fitur Siri pada versi iOS sebelumnya. Beberapa kelebihan Siri pada iOS 6 antara lain :
  1. Mampu mengenal lebih banyak bahasa
Siri yang awalnya hanya dapat mengenali bahasa Inggris, Jerman, dan Perancis, saat ini mulai diperbaharui untuk dapat mengenal bahasa yang lainnya seperti bahasa Jepang, Hongkong, Mandarin, Korea, Meksiko, Italia, serta berbagai jenis bahasa yang lain. Untuk Siri dalam versi bahasa Indonesia, Anda masih harus sabar untuk menunggu Siri kembali diperbaharui.
  1. Mendapatkan update informasi hasil pertandingan olahraga
Siri sudah mengintegrasikan beberapa pertandingan olahraga dengan baik seperti Premier League, Liga Inggris, Serie A Italia, La Liga Spanyol, NBA, serta beberapa pertandingan olahraga tingkat dunia yang lain. Jika Anda bertanya kepada Siri terkait dengan hasil pertandingan tersebut, maka Anda akan memperoleh jawaban akurat tentang pertandingan olahraga yang mungkin sempat terlewat. Anda dapat bertanya secara canggih dan praktis seperti bertanya pada teman sendiri.
  1. Mendapatkan informasi tentang film di bioskop
Siri tidak hanya dapat memberikan informasi terkait hasil pertandingan olahraga saja, tetapi juga dapat mengetahui informasi tentang film yang baru saja diluncurkan atau yang sedang diputar di bioskop. Info terkait film dengan aktor tertentu atau peringkat film berdasarkan versi Rotten Tomatoes juga dapat dicari oleh para pengguna iOS 6. Mengingat jumlah pengguna produk Apple di Indonesia yang begitu banyak, maka semoga Siri kedepannya juga dapat memberikan informasi terkait film – film yang sedang diputar di bioskop Indonesia.
  1. Update status Facebook atau Twitter secara otomatis
Siri iOS 6 juga menawarkan fitur Voice Dictation yang dapat membuat Anda melakukan perintah untuk update status di Twitter maupun Facebook. Tanda baca seperti halnya titik atau koma juga dapat Anda perintahkan menggunakan kata – kata  seperti perintah titik yang menggunakan kata period, sedangkan kata comma untuk perintah koma.
Karena voice dictation mampu diterjemahkan oleh Siri ke dalam bahasa Inggris, maka Anda harus berusaha dalam menjalankan perintah tersebut dengan mengurangi aksen bahasa Indonesia agar terjadinya kesalahan yang dibuat saat update status dapat diminimalkan.
  1. Mencari lokasi menarik yang dekat dengan posisi kita
Saat Anda merasa bingung untuk menemukan restoran atau kafe di sekitar Anda berada, maka Anda dapat memanfaatkan bantuan Siri untuk menemukannya. Anda hanya perlu menanyakan lokasi restoran atau kafe dalam bahasa Inggris, kemudian Siri akan segera menemukan informasi terkait lokasi yang Anda tanyakan.
Di Indonesia, lokasi Starbuck di kawasan Jakarta lah yang baru dapat ditemukan oleh Siri. Anda tentunya berharap agar Siri dapat segera menambah database mengenai sejumlah lokasi yang menarik di Indonesia.
  1. Kemampuan untuk memahami bahasa Inggris dengan aksen Indonesia
Aksen Indonesia yang seringkali keluar saat sedang mengucapkan bahasa Inggris seringkali membuat Siri bingung sehingga tak jarang kekeliruan dialami dalam menerjemahkan perintah. Namun, teknologi Siri saat ini terus berupaya untuk berbenah diri agar dapat memahami bahasa Inggris dengan aksen Indonesia yang kental.

Meski saat ini teknologi Siri baru dapat digunakan di beberapa produk Apple antara lain iPhone 4s, iPhone 5, iPod Touch generasi kelima dan iPad generasi ketiga, namun tentu saja untuk kedepannya kita berharap agar Siri menambah bekal teknologinya menjadi semakin canggih dan cocok dengan kebutuhan para pengguna Apple di Indonesia. Teknologi tersebut pastinya tidak hanya dapat digunakan untuk eksis saja, tetapi juga harus dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermakna.

No comments:

Post a Comment