Pages

Monday, January 11, 2016

Permasalahan yang sering dihadapi bisnis IT dan solusinya

Memulai bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline, yang membedakannya hanya cara memasarkan produk mereka saja. Bila pelaku bisnis offline memasarkan produk atau jasa dengan bertemu langsung kepada konsumennya, maka pada bisnis online konsumen bisa membeli sebuah produk melalui jarak jauh tanpa harus bertemu langsung dengan penjualnnya, dibantu dengan koneksi internet. Tentu kemudahan konsumen untuk membeli produk dengan bantuan internet, memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. Tak heran jika saat ini banyak orang yang tertarik mencoba peruntungan dengan menjalankan bisnis melalui internet.
Namun dibalik keuntungan yang diberikan, memutuskan untuk memulai bisnis di internetternyata tidak selamanya mulus seperti yang kita bayangkan. Ada beberapa hambatan yang menjadi kendala kita, saat memulai usaha. Hal inilah yang membuat banyak orang akhirnya gulung tikar, dan meninggalkan usaha onlinenya. Karena mereka menyerah dengan kendala-kendala yang dihadapi selama menjalankan bisnis tersebut.
Kira-kira kendala apa saja yang dihadapi pelaku bisnis online? Agar Anda bisa mengantisipasinya dari sekarang, berikut kami informasikan kendala bisnis online dan solusinya.
1. Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan bisnis online masih kurang. Penipuan yang sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Sehingga konsumen lebih sering kecewa jika mereka membeli produk secara online, dan lebih yakin membeli produk offline karena bisa melihat dan memegang langsung produk yang ingin dibelinya.
Solusi : untuk meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yang bisa dihubungi konsumen baik melalui chating, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga kualitas produk yang Anda tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dengan keterangan pendukung, misalnya saja jenis bahan yang digunakan, harga produk, tipe produk, ukuran produk, dll. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh informasi secara detail.
2. Persaingan bisnis online yang sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yang sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.
Solusi : sebaiknya tawarkan produk yang memiliki keunikan tersendiri, jadi persaingannya tidak terlalu tinggi. Lalu, dukung dengan kegiatan promosi bisnis online seperti optimasi seo, memberikan konten gratis pada konsumen, memasang iklan baris atau baner di website/blog terkenal, bergabung dengan forum bisnis online, atau bisa juga dengan memasarkannya secara offline. Sehingga bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.
3. Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis online yang tinggal di daerah kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yang tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.ilustrasi solusi untuk kendala bisnis online
Solusi : Anda bisa memanfaatkan modem internet yang saat ini sudah banyak diproduksi para provider komunikasi. Pilih modem yang sinyalnya memang bagus di daerah Anda, sehingga koneksi internet juga tidak terhambat. Untuk masalah biaya, tidak perlu khawatir karena saat ini biaya langganan internet sudah cukup terjangkau.
4. Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yang ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yang dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.
Solusi : untuk menambah pengetahuan, Anda bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yang sudah banyak beredar di pasaran, atau bisa juga dengan mencari panduan serta mengikuti kursus online yang saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan pakar internet marketing.
Nah, setelah mengetahui solusi dari setiap kendala yang menghambat bisnis online. Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai bisnis di dunia maya. Yang terpenting, kuatkan tekad Anda karena setiap kendala pasti ada solusinya. Tunggu apa lagi? Action dari sekarang dan salam sukses.

Daftar Pustaka
1. http://bisnisukm.com/kendala-bisnis-online-dan-solusinya.html

No comments:

Post a Comment